Atas Nama Bupati, Camat Rote timur Lantik Lima Penjabat Kades

782

onlinentt.com-Rote Ndao-Atas nama Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu SE,  Camat Rote timur, Refly Therik, SP, melantik lima orang penjabat kepala desa, (Kades), di Kecamatan setempat, Senin 12 Oktober 2020, pukul 12.30 wita.

Ke lima penjabat kades yang dilantik tersebut, yaitu Desa Mukekuku, Desa Lakamola, Desa Pengodua, Desa Matanae dan Desa Papela.

Pelantikan berlangsung di  Aula Kantor Camat Rote timur, dihadiri oleh perwakilan dari Polsek Rote timur, Danramil, Danposal Papela, Rohaniawan, tokoh masyarakat dan adat dan para undangan lainnya.

Acara pelantikan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Surat Keputusan, (SK), Bupati Rote Ndao No. 343/Kep/HK/2020 s.d No. 347/Kep/HK /2020,tentang pemberhentian dan pengangkatan lima penjabat kepala desa di Kecamatan Rote timur Kabupaten Rote Ndao Tahun 2020 periode 2020 – 2021.

Dalam uraian SK itu dijelaskan bahwa pemberhentian dan pengangkatan penjabat kades, sebagai berikut, yakni,
I. Memberhentikan dengan  hormat nama Desri H. Suki, Jabatan Pj Kepala Desa Mukekuku dan mengangkat nama Lukas Bulan Jabatan Penjabat kepala Desa Mukekuku.

II. Memberhentikan dengan  hormat nama Renward S. Lolu, Jabatan Pj Kepala Desa Lakamola dan mengangkat nama Petrus Pandie Jabatan Penjabat kepala Lakamola.

III. Memberhentikan dengan  hormat nama Lasarus Sai, Jabatan Pj Kepala Desa Pengodua  mengangkat nama Atrisimon Poy Jabatan Penjabat kepala Desa Pengodua.

IV. Memberhentikan dengan  hormat nama Noven Bulan , Jabatan Pj Kepala Desa Matanae dan mengangkat nama Jibrael Dethan Jabatan Penjabat kepala Desa Matanae.

V. Memberhentikan dengan  hormat nama H. Sugiarto F. A. Azhari, Jabatan Pj Kepala Desa Papela dan mengangkat nama Mardiah Laduma Jabatan Penjabat kepala Desa Papela.

Camat Rote timur, Refly Therik,  SP,  mengarahkan kepada kelima Pj kades yang baru dilantik agar segera berkoordinasi untuk  melaksanakan tugas  karena ada beberapa agenda kini bergulir di masyarakat yang menjadi tanggung jawab Pj kades yang baru dilantik”, ungkap Camat Therik.

Menurut Refly Therik,  agenda yang paling terdepan hari ini adalah pemilihan kepala Desa.

“Peristiwa demokrasi ini akan menjadi tanggung jawab para Pj kades untuk mensukseskannya, agar proses ini bisa berjalan dengan baik penuh  persaudaraan dalam suasana damai serta dapat menghasilkan pemimpin yang benar benar berasal aspirasi rakyat dan berorientasi kepada kepentingan masyarakat”, terangnya.

“Kepemimpinan Pj kades itu sampai dengan kepala desa definitif dilantik”bebernya.

Dia berharap semua pihak harus optimis, bahwa tugas yang diberikan dan diemban sangat berat namun dalam melaksanakannya butuh ketulusan, keiklasan, penuh rasa tanggung jawab dan jiwa melayani masyarakat serta selalu berkoordinasi secara jenjang dan secara baik.

“Kami pemerintah kecamatan siap untuk membantu saudara-saudari  dalam mengemban tugas dan tangung jawab ini ke depannya”, papar dia.

Kembali Therik menegaskan menyangkut pilkades ke depan Pj kades pasti berhadapan dengan tiga sampai lima calon dan kelompok disetiap Desa maka posisikan diri secara netral, menfasilitasi semua yang ada di desa.

“Jagalah wibawa kepemimpinan bapak ibu”, imbuhnya.

Dia juga meminta agar Pj  kades yang baru dilantik selalu berkoordinasi dengan kepala desa yang habis masa jabatan  untuk menyelesaikan tugas akhir tahun anggaran.

“Biasanya anggaran di  bulan terakhir itu terkait dengan hak banyak orang yang belum dibayarkan atau ada juga pertanyaan  dan perbedaan yang datang dari masyarakat yang belum terjawab”, pintahnya.

Therik menyampaikan kewajiban dari Pj kades untuk menyelesaikan seluruh persoalan di meja camat karena sudah ada sejumlah laporan yang masuk dari desa-desa.

“Tetap koordinasikan dengan Pj kades yang lama untuk diselesaikan sesuai dengan peraturan dan kode etik di dalam pemerintahan”, harapnya.

Sementara Pj Kepala Desa Mukekuku, Lukas Bulan yang diwawancarai terkait program prioritas setelah dilantik, mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Pj Keplala desa yang lama sesuai arahan camat untuk menyesaikan tugas tugas dan pekerjaan yang belum diselesaikan.

“Saya akan melaksanakan tugas dengan tulus dan iklas demi kepentingan masyarakat”, tegas dia.

Pj Kepala Desa Matanae Jibrael Dethan kepada media ini mengaku akan memperhatikan dan memperdulikan masyarakat pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan kehutanan.

Pj Kepla Desa Papela Mardiah Laduma dan Pj. Kepala Pengodua malah menyatakan belum mempunyai program. *amril ahmad putera tanjung papela

Comments
Loading...