Intensitas Curah Hujan Tinggi, Jalan Kapasiok Potensi Ambruk

429

onlinentt.com-Rote Ndao-Ruas Jalan Lekunik-Oele, tepatnya persawahan Kapasiok dapat dikatakan sebagai jalan utama penghubung Lobalain-Rote Tengah dan Rote Selatan kurang lebih tiga kilo meter mengalami rusak berat dan berpotensi ambruk ketika intensitas curah hujan tinggi.

Dok : Kaka dio

Pada hal ruas jalan ini telah menghabiskan anggaran pemerintah lebih kurang 3,5 millyard setelah mendapat peningkatan perbaikan secara agregat hotmix pada Agustus 2023 lalu.

 

Karena hotmix dan lebar mencapai 6 meter, ruas jalan ini oleh masyarakat di tiga wilayah kecamatan itu sering menyebutnya, “Jalan tol”nya Rote Ndao.

 

Namun apalah dikata, bak kata-kata terhadap wanita yang maniak bersolek, bahwa”Bedak Tebal Tapi Betis Koreng,”sangatlah pantas disematkan pada perbaikan jalan yang dinilai lemah perhitungan teknis tentang dampak ikutan dari peningkatan perbaikan jalan tersebut.

 

Jalan yang lokusnya di tengah persawahan tentu merupakan area penampungan dan alir air namun tidak disertai dengan pembanguanan tembok penahan.

 

Oleh karena itu, masyarakat setempat berharap perhatian serius dari pemerintah daerah, (Pemda), khususnya Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao.

 

Pengamatan awak media ini, Rabu, (15/11/23), pemda perlu membangun tembok penahan agar tidak terjadi pengikisan pada bibir jalan yang dapat mengakibatkan terlepasnya material.

 

Wempi Manafe warga Lekik Desa Helebeik, mengaku sebagai masyarakat sangat senang dengan perbaikan hingga peningkatan menjadi hotmix namun harus dilakukan pembangunan tembok penahan agar tidak terjadi pengikisan material pada bibir jalan.

 

“Kalau hujan lebat pasti material terbawah air dan aspal akan terlepas,” ujar Manafe dengan aksen Rote kental.

 

Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao, Ferdy Ndun, ST, dimintai tanggapannya via WhatsApp menjelaskan terkait tembok penahan yang belum dikerjakan karena keterbatasan anggaran tetapi akan  menjadi perhatian dari pemerintah untuk segera ditangani guna mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan berlalulintas serta sebagai pengamanan untuk mengamankan konstruksi jalan,” terang dia.

Mengakhiri pesan WhatsAppnya, dia berjanji setelah kembali dari tugas akan turun ke lokasi guna melihat langsung kondisi ruas jalan tersebut.

 

Sedangkan, Kontraktor Pelaksana CV. Nona Timor Terberkati, hingga berita ini dipublishkasi belum berhasil dihubungi. Kaka Dio

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.