Penjarigan Bakal Calon Anggota BPD Lidabesi

0 162

onlinentt. com,- Rote Ndao, Rapat pembukaan penjaringan bakal calon, (balon), BPD Desa Lidabesi periode 2000-2006, dibuka oleh Ketua Panitia, Ledy Manafe.

Acara penjaringan bakal calon anggota BPD Lidabesi itu, bertempat di Dusun Baubafan, pada Jumat, (03/07/2020), pukul 03.00 wita.

Pelaksanaan penjaringan balon BPD, oleh panitia secara terbuka dan transparan.

Sebelum melaksanakan penjaringan, panitia telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada para kepala dusun guna menginformasikan ke masyarakat, bahwa akan dilakukan penjaringan balon anggota BPD Lidabesi dari setiap dusun.

“Yang mencalonkan diri dari Desa Busalaten, sebanyak tiga orang,”ungkap Kepala Desa Lidabesi, Chemsy Lian,  SH, kepada awak media.

Menurut Chemsy Lian, SH, Kepala Desa Lidabesi,
pemelihan kali ini agak berbeda dari pemilihan sebelumnya.

“Tiap dusun merebut satu calon anggota BPD laki – laki. Untuk BPD perempuan, semua  dusun wajib memasukan calon untuk pemilihan serentak di Kantor desa, “jelas dia.

Selain itu, dijelaskan Kepala Desa Lidabesi, peraturan Bupati Nomor 9, tentang pengisian lowongan kerja dan persyaratan yang harus dilengkapi oleh bakal calon. Oleh karena itu, pada tanggal 04 Juli 2020, panitia mulai membuka, pendaftaran  sampai dengan Rabu, 08 Juli 2020.

“syarat-syarat yang harus di lengkapi oleh balon, antara lain, foto kopi ktp dua lembar, foto kopi akte kelahiran dua lembar, foto kopi ijazah SMP atau SMA yang sudah di legelisir masing -masing satu lembar, pas foto empat kali enam dua lembar berlatar belakang warna merah,”pungkasnya.

Masih dikatakan Kades Chemsy, sesudah bakal calon melengkapi persyaratan, maka pada hari Kamis tanggal sembilan bulan juli 2020, akan dilakukan verifikasi persyaratan.

“Hari Jumat, (10/07/2020), kita adakan pemilihan di tiap tiap dusun, karna kali ini pemilihan agak berbeda dari pemilihan sebslumnya karena ketidakadaan angaran,”urainya.

Chemsy meminta kesadaran dari masyarakat untuk mau bekerjasama  dalam menyelenggarakan dan mensukseskan pemilihan.

“Pemilihan untuk calon anggota BPD laki-laki  perdusun, sedangkan yang untuk perempuan, semua dusun diwajibkan untuk mengajukan calon anggotanya, aku dia.

Tambah Kades Lian, karena masyarakat Desa Lidabesi masih terikat oleh kekerabatan dan kekeluargaan yang erat maka pemilihan kali ini diharapkan tidak terjadi hal – hal yang merugikan.

Kepala Dusun Baubafan, Petrus Fanggidae menuturkan, berhubung mewabahnya covid 19, sehingga bagi masyarakat yang datang memberikan hak pilihnya wajib memakai masker dan harus menjaga jarak.

“Minimal dua meter, itu aturan dari dinas kesehatan.ungkapnya. *Roman

Comments
Loading...