Bupati Rote Ndao Lantik Direktur PDAM Baru Kabupaten Rote Ndao

189

onlinentt.com-Rote Ndao-
Bupati Rote Ndao, Paulina Haning–Bulu, SE, melantik Direktur Perusahaan Daerah Air Minum, (PDAM ), Rote Ndao, Didik Paulus Benyamin Messakh, ST, di tengah Pandemi Covid-19

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur
PDAM Kabupaten Rote Ndao masa jabatan 2020-2025 itu berlangsung di Auditorium Kabupaten Rote Ndao pada Senin, 19 Oktober 2020.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, dalam sambutannya mengungkapkan, kondisi PDAM Rote Ndao saat ini sedang mengalami sakit yang sangat berat sehingga perlu perbaikan.

“Menurut saya ada dua sistim dalam PDAM yang perlu dibenahi, pertama adalah sistim dan kedua adalah sumber daya manusianya”, ungkapnya.

Dilanjutkan Bupati Rote Ndao, perbaikan melalui sebuah systim tergantung visi misi yang diprogramkan pada waktu mengikuti seleksi.

“Jadi visi misi itulah yang akan menjadi systim dan  tugas serta tanggung jawab dari seorang Direktur PDAM terpilih. Sedangkan pembenahan kepada manusia, apabila ada yang tidak bisa dikendalikan maka mungkin perlu dievaluasi dan lebih parahnya berhentikan”, tegasnya.

Bupati Haning-Bullu menegaskan, dalam menjalankan tugas, baik sebagai direktur maupun karyawan harus tetap menjalankan tupoksinya sesuai aturan yang diberlakukan oleh negara.

“Jangan buat aturan sendiri. Aturan itu dibuat dan kehadirannya dipakai untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai porsi masing-masing supaya PDAM bisa bangkit  lebih baik dari kemarin”, jelas dia.

Dikatakan Paulina Haning-Bullu, untuk memperoleh hasil yang bagus harus bekerja secara profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab.

“Apabila tidak mampu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab maka harus profesional pula mengajukan permohonan  mengundurkan diri. Ini jauh lebih baik dari pada diberhentikan dengan tidak hormat”, pintah dia.

Bupati Haning-Bullu mengemukakan, pelantikan hari ini artinya diberi tanggung jawab sampai lima tahun kedepan untuk membangun komunikasi yang baik kembali dengan sesama karyawan PDAM.

“Kesejahteraan itu penting, dan selalu ingat, bahwa air  adalah masalah paling pokok karena peruntukannya bukan saja kepada manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan”, imbuhnya.

Disampaikan Bupati Paulina, masalah kebocoran pipa mencapai 40% harus menjadi perhatian serius dan standar operasional prosedur, (SOP), juga perlu ditegakkan. Selain itu, pembayaran rekening air oleh konsumen pengguna air sebaiknya melalui rekening bank guna menghindari pemakaian  oleh karyawan”, paparnya.

Bupati Rote Ndao mengingatkan direktur yang baru dilantik untuk terbiasa membuat pelaporan dari setiap kegiatan yang dilaksanakan karena sebelumnya tidak pernah dilakukan.

“Perlu ada dukungan dan keterbukaan dari karyawan  terhadap direktur yang baru supaya bila ada permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan PDAM dari waktu ke waktu bisa berkembang,  maju serta bangkit dari keterpurukan”, tutur dia.

Valen Messakh Siap Datangkan PAD 

Sementara dikesempatan lain, kepada awak media ini, direktur yang akrab dipanggil Valen ini mengaku memiliki sejumlah program untuk bisa mendatangkan Pendapatan Asli Daerah, (PAD), yaitu pertama, akan membangun terminal air dan pengisian air galon.

Untuk terminal air, akan  dibangun pada setiap unit lebih khusus dalam pusat kota.

Akan Desain Peta Jaringan

Selain itu, kedua dirinya juga akan mendesain peta jaringan guna mengetahui seluruh aset PDAM, misalnya kondisi pipa dan meteran yang mungkin sudah tidak layak sehingga perlu diganti. Ketiga, dia akan melaksanakan bisnis plain penyertaan modal”, ucapnya.

Akan Minta Diperbantukan Staff Ahli

Disebut Valen, untuk mewujudkan visi misi  tentang standar pelayanan, dirinya tidak akan sunkan meminta kepada Bupati Rote Ndao untuk memperbantukan tenaga staff ahli karena SDM karyawan PDAM Rote Ndao masih sangat rendah.

Tunggakan Gaji Karyawan Siap Dibayarkan

Sementara soal gaji karyawan yang belum terbayarkan, dia mengaku sudah menjadi tanggung jawabnya, sehingga ke depan akan diusahakan untuk melakulan pembayaran walau pun kondisi keuangan PDAM sekarang masih sangat minim.

Satu Tahun PDAM Akan Alami Kemajuan

Diakhir kesempatanya, Valen Messakh dengan  optimis berjanji dalam satu tahun kepemimpinannya nanti sebagai Direktur PDAM akan mengalami perubahan.

Sekedar diketahui, sebelum  pelantikan rencananya akan dilakukan Konfrensi Pers bersama Direktur PDAM yang baru.

Informasi tersebut terkonfirmasi berupa pesan dari nomer whatsApp Direktur PDAM Rote Ndao, Didik Paulus Benyamin Messakh, ST. Tetapi karena padatnya acara pelantikan maka tidak diadakan. *Amril

Comments
Loading...