Sukardan Sedia Jadi “Pendamping Hidup”,  Jonas Salean

324

onlinentt.com-Kota Kupang -Meski perhelatan Pilkada Kota Kupang masih dua tahun lagi, riak-riaknya mulai  terlihat. Sebagian figur bakal calon, (balon),  diam-diam mulai turun bawah, (turba), guna mengambil dan menggalang simpatik dan dukungan masyarakat. Sedangkan, lainnya’mulai terang-terangan menyatakan sikap untuk fight dalam pilkada Kota Kupang periode 2024–2029 mendatang.

Hal itu, tidak terkecuali, Ketua IKMR Kota Kupang, Aloysius Sukardan,SH, M.Hum, salah satu sosok yang telah mendapat rekomendasi aspirasi dukungan dari sejumlah tokoh Manggarai di Kota Kupang itu.

Kepada wartawan Aloysius Sukardan, Senin (14/11/2022), mengaku bersedia menjadi “Pendamping Hidup” Jonas Salean dalam “mengarungi” perhelatan Pilkada Kota Kupang mendatang nanti.

Bahkan lebih dari itu, secara serius diterangkan, bahwa Ikatan Keluarga Manggarai Raya (IKMR) Kota Kupang, juga sangat siap menerima kedatangan Jonas Salean, SH, M.Si, Bakal Calon Wali Kota Kupang Periode 2024-2029, dalam peminangan secara resmi terhadap dirinya sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Kupang Periode 2024-029, pada pertengahan Desember 2022 mendatang.

“Sudah ada komunikasi secara intern dengan Bapak Jonas, tinggal kesepakatan  tanggalnya saja,” urainya.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Undana Kupang pun mengungkapkan, beberapa tokoh Manggarai di Kota Kupang, misalnya., Frans Tulung, SH, Pius Rengka, SH, Frans Kape, Servas Lawang dan Frans Sarong, telah berinisiatif mengadakan pertemuan untuk melakukan penjaringan terhadap sejumlah nama tokoh orang Manggarai di Kota Kupang  yang dinilai bisa diusung sebagai orang nomor 2 pada Pemilihan Wali Kota Kupang Tahun 2024.

Selanjutnya, pada pertemuan ke-4, tim penjaringan yang diketuai Bapak Frans Tulung mengundang nama-nama yang dinilai lolos dalam penjaringan untuk hadir.

Dan dalam pertemuan tersebut, tim memberi rekomendasi kepada dua orang tokoh, yakni dirinya dan Antonius Ali, SH.

Berikutnya, di pertemuan ke-7, ketika menghadirkan para kepala suku dari seluruh Kecamatan di tiga Kabupaten Manggarai, yaitu Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur, ke- 2 nama tokoh ini tidak berubah dan tetap diusulkan untuk maju pada Pemilihan Wali Kota Kupang Tahun 2024.

Dikisahkan juga Aloysius, ketika ada acara keluarga di rumah Vinsen Pata, tanpa disengaja dirinya bertemu dengan Jonas Salean.

Dalam pertemuan itu, salah seorang tokoh orang Manggarai, dr. Husein Pankratius, dengan spontan mengatakan mendukung pak Jonas dan pak Alo maju pada Pemilihan Wali Kota Kupang Tahun 2024.

“Jadi, ceriteranya begitu,” ungkap Alo.

Bersamaan dengan itu, Sukardan menambahkan, sejak tahun lalu, partai Golkar telah mengeluarkan sederet nama untuk disurvey, termasuk nama Jonas Salean, balon Wali Kota Kupang Periode 2024-2029, dan namanya selaku balon Wakil Wali Kota Kupang. Dari hasil survey tersebut tersisa nama Jonas Salean dan dirinya sebagai balon Walikota dan Wakil Wali Kota.

“Kemudian suatu ketika, saya diundang secara khusus dalam HUT Golkar,” terangnya.

Diakhir kesempatannya, Sukardan memilih, Jonas Salean, sebagai pendamping karena  dinilai memiliki segudang pengalaman dalam bidang birokrasi, diantaranya pernah menjabat Sekda Kota Kupang, menjabat Wali Kota Kupang Periode 2012-2017 dan  masih aktif Anggota DPRD NTT.

“Kalau saya sendiri dari dunia akademik,” tandasnya. tim

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.