TNI Angkatan Laut Pulau Rote Bersinergi Dengan Dinkes Setempat Lakukan Vaksin Covid 19

276

onlinentt.com-Rote Ndao.-Tentara National Indonesia Angkatan Laut, (TNI-AL), Pulau Rote bersinergi dengan Dinas Kesehatan, (Dinkes), Kabupaten Rote Ndao, melakukan vaksinasi covid 19 terhadap masyarakat pesisir Desa Paoela Kecamatan Rote timur Kabupaten Rote Ndao, pada Selasa, (06/07/2021), pukul 10.00 wita, bertempat di Kantor Sabandar setempat.

 

Pelaksanaan vaksinasi itu untuk menekan lajunya penularan virus covid-19 terhadap masyarakat kawasan pesisir yang kesehariannya sebagai penjual Ikan. Selain itu, vaksinasi bertujuan menambah imun tubuh bagi masyarakat agar tidak mudah terserang covid-19.

 

Letda Laut (K), dr. Rachmat Fajar, Dokter dari Balai Pengobatan Lanal Pulau Rote kepada media ini mengatakan, kegiatan vaksinasi ini sudah kedua kalinya dengan target 80 orang
namun animo masyarakat animo dan antusias masyarakat cukup tinggi maka jumlah yang menerima vaksinasi melebihi target..

 

“Vaksinasi pertama dilakukan pada tanggal 02 Juni 2021, dengan target 100 orang,” jelas dr. Rachmat Fajar.

 

Dikatakan dr. Rachmat Fajar, jumlah tenaga medis yang diperbantukan dari Balai Pengobatan Lanal pulau Rote sebanyak 3 orang dan dari Puskesmas Eahun Kecamatan Rote timur berjumlah 6 orang.

 

Selanjutnya Letda Laut (K), dr. Rachmat Fajar, Dokter dari Balai Pengobatan Lanal Pulau Rote ini juga mengapresiasi masyarakat Desa Papela yang begitu antusias mau menerima vaksin.

 

“Kami tidak menyangka karena awal target cuma 80 orang namun kondisinya berubah maka mudah-mudahan semua warga yang datang bisa kami layani sampai selesai,”pungkas dia.

 

Komandan Lanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) Anis Latif, S.E. M.Tr. Hanla, M.M, juga di sela-sela kegiatan menegaskan, kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk jiwa korsa TNI AL terhadap masyarakat, khususnya masyarakat pesisir dalam rangka memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

 

“Kami sudah melaksanakan kegiatan vaksinasi ini di tiga tempat berbeda, yaitu pertama di Lanal Desa Batutua Kecamatan Rote Barat daya dan saat ini di Desa Papela.
Khusus Desa Papela yang kedua kali ini keseluruhan masyarakat yang mendapat vaksinasi sebanyak 180 orang.

 

Dan untuk vaksinasi dua tempat tersebut Lanal Pulau Rote sudah menghabiskan 400 lebih dosis dan kami saat ini sedang mengupayakan agar mendapat pengiriman lagi dari Lantamal kupang sebanyak 500 Dosis,” terang Komandan Lanal Pulau Rote itu.

 

Lanjut Anis Latif, S.E. M.Tr. Hanla, M.M, tujuan vaksinasi adalah untuk mendukung program pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran covid 19, dengan tagline, “Sejuta Vaksin Perhari,”

 

Diakhir kesempatannya, dia berharap semua pihak terutama Forkopimda untuk tetap bekerjasama dan bersinergi dalam mensukseskan program pemerintah guna memutuskan mata rantai virus Covid-19.

 

Ir. Untung Harjito Assisten 1 Setda Rote Ndao, dalam kunjungannya menuturkan vaksinasi adalah cara yang terbaik untuk melindungi masyarakat dari Virus covid-19.

 

“Kami sebagai pemerintah meminta agar seluruh komponen, baik tokoh masyarakat, agama dan pemuda agar bisa berperan dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya vaksinasi covid 19,” pintah Untung.

 

Nourma Yunita, salah satu warga penerima vaksin covid-19, mengapresiasi TNI AL dan pemerintah daerah yang telah memberi pelayanan vaksinasi untuk menekan laju penularan covid-19 di daerah yang menjadi tujuan destinasi wisata super premium.

 

“Sebagai masyarakat kami perlu berterima kasih karena ini juga salah satu bentuk dukungan untuk menekan lajunya virus Corona ke daerah kami. Dan usaha yang dilakukan TNI AL dan pemerintah daerah melalui Dinkes merupakan bagian dari kepedulian dan kepekaan terhadap apa yang diinginkan oleh masyarakat pesisir,” ujarnya.

 

Pantauan awak media, selain kegiatan vaksinasi, TNI AL juga membagikan 200 buah paket sembago kepada warga masyarakat yang telah melaksanakan Vaksinasi covid 19. *ambi

Comments
Loading...