Puskesmas Eahun Selalu Terapkan Protokoler Kesehatan

123

onlinentt. com-Rote Ndao-Dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat, petugas medis dan para medis Puskesmas Eahun di Kelurahan Londalusi Kecamatan Rote timur selalu menerapkan protokoler kesehatan. Hal itu guna mengantisispasi penyebaran covid 19.

 

“Dalam pelayanan, seluruh tenaga medis di Puskesmas Eahun harus memakai Alat Pelindung Diri, (APD), sesuai standar yang ditentukan. Tidak hanya itu, sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, sesuai protokoler kesehatan, petugas harus gunakan masker, sarung tangan, penutup wajah, cuci tangan dan hindari kerumunan orang”, terang Kepala Puskesmas Eahun, Welhelmus Frits. L Henukh, A. Md. Kep, kepada awak media di ruangannya, Selasa, (15/09/2020).

 

Menurut orang nomer satu Puskesmas Eahun ini, sejauh ini belum ada pasien covid 19 sampai dengan kondisi new normal pada tanggal 15 Juni 2020 lalu.

“Meski berada dalam penanganan di era new normal tetapi kita terus menerapkan protokoler kesehatan”,terang Frits Henukh.

Masih dikatakan, dalam melakukan kegiatan sangat terbatas mengikuti Peraturan Bupati, (Perbub), 235, dimana ditegaskan, bahwa di era new normal perlu melakukan screaming atau pemeriksaan rapid tes di populasi atau pada lokasi yang telah ditentukan oleh tim gugus tugas covid 19.

 

“Rapid ini dilakukan terhadap semua warga Kabupaten Rote Ndao dan juga bagi warga yang datang dari luar. Khusus bagi warga yang datang dari luar akan dilaporkan kepada tim gugus tugas covid 19 untuk melakukab rapid test”, jelas dia.

Frits mengaku insentif untuk tenaga medis dalam penanganan wabah ini, secara umum atau pun khusus segala kebutuhan sudah dibebabankan kepada anggaran di Puskesmas Eahun, yaitu melalui dana BOK.

 

“Dana itu dimanfaatkan sebagai insentif jadi tidak ada insentif khusus”, timpahnya. *Amril Ahmad Abdurachman

Comments
Loading...