Kodim 1627 Rote Ndao Kampanye Kreatif Penerimaan Calon Prajurit TNI AD TA 2021 Dari Tingkat SMP Hingga SMA

343

onlinentt.com-Rote Ndao-Kodim 1627 Rote Ndao kampanye kreatif penerimaan calon Prajurit TNI AD Tahun Anggaran, (TA), 2021, bertempat di SMA Negeri 1 Pantai Baru, pada Rabu, 16 Juni 2021,  pukul 11:00 wita dan SMP Negeri 2 Pantai Baru Kabupaten Rote Ndao, Jumat, 18 Juni 2021 Pukul  10. 00 wita.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Serka Arby, Serda Nyoman, Serda Qomarudin, Serda Alexander Baitanu, Serda Imanuel Manafe,  Kepala Sekolah SMP Negeri 2 dan Wakil Kepala SMA Negeri I Pantai Baru, bersama siswa-siswinya.


Kegiatan tersebut melibatkan Pasiter Kodim 1627 Rote Ndao, Lettu Inf, Doris Imanuel Banik, selaku pemateri di SMP Negeri 2 Pantai Baru juga Serda Nyoman Sulendra Babinsa Kodim 1627 Rote Ndao, Sertu Yunus Ketty, Bintara Dosir Staf Personel Kodim 1627 Rote Ndao, yang bertindak sebagai pemateri pada SMA Negeri 1 setenpat.

Sebelum disuguhkan materi, peserta siswa SMP Negeri 2 Pantai Baru terlebih dahulu diberikan penjelasan singkat dari Lettu Inf Doris Imanuel Banik terkait maksud dan tujuan penyuluhan wawasan kebangsaan tersebut.

Dalam kesempatannya, Pasiter Kodim 1627 Rote Ndao, Lettu Inf, Doris Imanuel Banik, mengatakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan seperti ini sangatlah penting bagi siswa-siswi, baik SMA dan SMP agar  lebih mengetahui dan memahami tentang wawasan kebangsaan.

“Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan wawasan dan pengetahuan berkebangsaan kepada siswa-siswi mengenai nilai-nilai pancasila,” terangnya.

Masih diterangkan Lettu Inf, Doris Imanuel Banik, mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan supaya pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,”akunya.

Lettu Inf, Doris Imanuel menjelaskan, penerimaan prajurit TNI AD setiap tahun sebanyak lima kali dengan jenis berbeda, yakni Akademi Militer (Akmil), Sekolah Perwira Prajurit Karier (Sepa PK), Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba PK) dan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK), khusus untuk Secata PK dilaksanakan sebanyak 2 kali setiap tahun.

“Untuk persyaratan masuk menjadi Prajurit TNI AD antara lain WNI, SKCK dari Kepolisian, KTP, STTB, KK dan seleksi kesehatan, jasmani dan postur, Psikologi, Mental Ideologi dan Pantauan Akhir (Pantohir),” urai dia.

Ditambahkan Doris Imanuel Banik, seleksi penerimaan calon Prajurit TNI AD meliputi semua jenis pendaftaran dan pada saat pendidikan tidak ada pungutan biaya.

“Apabila ada oknum yang meminta atau memungut sejumlah uang makaasyarakat tidak perlu sunkan atau takut untuk melaporkan kepada satuan terdekat,” himbaunya.

Diakhir kata, salah satu putera terbalik NTT itu menerangkan pelaksanaan kegiatan ini guna untuk mendorong dan menjaring minat generasi muda, terutama di wilayah kecamatan Pantai Baru dan sekitarnya. *Lena/ Humas Kodim 1627 Rote Ndao

Comments
Loading...