Panitia Hari Besar Islam  Rote timur Laksanakan Kegiatan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442H Tahun 2020M

123

onlinentt.com-Rote Ndao-Memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang disebut sebagai Maulid Nabi telah menjadi semacam tradisi bagi umat Islam diberbagai belahan dunia tak terkecuali Indonesia.

Peringatan Maulid Nabi pada 12 Rabiul Awal menjadi momen untuk membangkitkan dan menjaga semangat Nabi dalam diri umat.

Oleh karena itu, pada Rabu 28 Oktober 2020 pukul 19.30 wita di Halaman Mesjid Al-Muhajirin Papela Panitia Hari Besar Islam Kecamatan Rote Timur menggelar Maulid Umum memperingati Maulid Nabi Muhammad  SAW dengan thema,“ Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1442H/2020M, Mari Kita Tauladani Akhlak Rosulullah dengan Menumbuhkan keperdulian Kepada Sesama di Tengah Pandemi Covid-19”.

Hadir dalam kegiatan ini penceramah dari Kota Kupang, Ketua MUI Kabupaten Rote Ndao, perwakilan Jamaah dari Kecamatan Pantai baru , Kapolsek Rote timur dan seluruh Jamaah di Kecamatan Rote timur.

Acara tersebut dilakukan dengan suasana tenang dan damai sesuai dengan susunan acara yang disajikan oleh Master Of Ceremony, (Mc), Sumadi Beda. SE.

kegiatan ini dimulai dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh Atia Kurniawati jamal, Penceramah Hikmah Maulid Oleh Ustat A. Sofyan Abdurachman S. Ag.

Sambutan Oleh Ketua MUI Kabupaten Rote Ndao Ahmad P Kosso. S.Pd, hiburan  Qasidah dan berkakhir dengan foto bersama serta do’a yang dipimpin oleh Imam Mesjid Al-Muhajirin Pepela Bapak Ali Djainadi.

Dalam penceramah hikmah Maulid Ustat Sofyan mengatakan  salah satu ajaran Rasulullah Muhammad SAW kepada umat islam adalah selalu menjalankan Sholat, dan tanda –tanda orang yang sholatnya diterima oleh Allah SWT adalah mereka selalu merendah diri dengan Sholat karena kebesaran Allah, mereka-mereka yang tidak sombong dengan makhluk-makhluk Allah, mereka yang  tidak mengulang-ulang maksiat yang pernah mereka lakukan, yang selalu berzikir kepada Allah dan  yang selalu membantu saudaranya bila membutuhkan bantuan.

Dalam ceramahnya ustat sofyan juga membagi-bagi doorprize dengan memberikan kuis-kuis kepada para undangan yang hadir.

Akhir ceramah beliau mengajak kepada seluruh umat untuk selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah di berikan oleh Allah SWT.

Ketua MUI Kabupaten Rote Ndao, Ahmad P Kosoo S.Pd, dalam sambutannya mengatakan ketika umat mengagungkan Rasulullah disetiap memperingati Maulid maka harus menjadikan Rasulullah sebagai Panutan.

Ahmad P Kosoo berharap dalam kegiatan peringatan Maulid, bukan hanya sebuah evoria belaka tetapi bagaimana setiap umat memaknai dan mencermati makna di balik peringatan Mail is Nabi yang telah dijalani.

Sambil menikmati suguhan Nasi Pulut, telur rebus , dan pisang rebus bernuansa warna merah  yang merupakan tradisi dalam melaksanakan peringatan Maulid, para undangan di hibur oleh grup kasidah dari anak-anak dan ibu-ibu Majelis Ta’lim.

Ketua Panitia Hari Besar Islam, (PHBI), Kecamatan Rote timur A. Abdurachman  menuturkan kegiatan peringatan Maulid di Kecamatan Rote timur sudah berlangsung dari  dahulu hingga hari ini dan setiap tahun dilaksanakan.

Kegiatan ini terlaksana atas
kerja sama antara PHBI dengan Tuan Maulid.

Sesuai tradisi umat Islam di Kecamatan Rote timur, setiap melaksanakan kegiatan Maulid Nabi harus ada Tuan Maulidnya.

Banyak Jama’ah yang berkeinginan menjadi Tuan Maulid karena dengan menjadi Tuan Maulid Insya Allah, apa yang diniatkan akan terwujud sehingga dalam penentuannya dilakukan dengan cara penarikan lotere.

Tugas dari Tuan Maulid yaitu menyiapkan bunga Maulid, nasi pulut dan buah-buahan dan PHBI menyediakan segala  perlengkapan dan lainnya. *amril

Comments
Loading...